Pemandangan Indah di Taman Nasional Doi Khun Tan Thailand

Informasi Umum

Terletak di gunung Thailand utara, Taman Nasional Doi Khun Tan adalah rumah bagi banyak spesies menarik baik flora dan fauna, serta banyak tempat bersejarah yang menarik. Fitur yang paling terkenal adalah terowongan kereta api terpanjang di Thailand, yaitu 1.352 m. panjang. Taman Nasional Doi Khun Tan melintasi pegunungan yang memisahkan Provinsi Lamphun dan Lampang, yang mencakup 255,29 km persegi dan berkisar pada ketinggian dari 325 m hingga 1.373 m di puncak. Didirikan pada tahun 1975, itu adalah Taman Nasional ke-10 di Thailand.

Topografi

Doi diterjemahkan menjadi gunung di Thailand Utara, sementara Khun Tan mengacu pada banyak aliran dan daerah aliran sungai yang mengalir turun dari gunung.

Iklim

Tiga musim dasar adalah musim panas, dari Maret hingga Juni, hujan, dari Juli hingga Oktober, dan musim dingin, dari November hingga Februari. Suhu bervariasi dari 38 derajat celsius selama musim panas, hingga sedingin 5 derajat celsuis. Curah hujan, yang sebagian besar turun selama musim hujan, rata-rata sekitar 1.034 mm. per tahun.

Tumbuhan dan Hewan

Hutan Doi Khun Tan telah berubah secara dramatis di abad yang lalu karena gangguan manusia. Hutan dapat dibagi menjadi tiga jenis, dengan rentang ketinggian yang berbeda.
Ketinggian dataran rendah (325-850 meter).

Ketinggian tengah (850-1.000 meter). Ini adalah area transisi di mana hutan dataran rendah dan hutan cemara dataran tinggi bercampur menjadi dari hutan cemara campuran dan hutan gugur. Di sini hanya ada dua spesies pohon pinus di Thailand, pinus dua jarum (Pinus merkusii) dan pinus tiga jarum (P. kersiya) yang keduanya dapat ditemukan di sini.

Dataran Tinggi Dataran Tinggi (1.000-1.373 meter). Hutan di sini sebagian besar terdiri dari pohon kayu keras yang selalu hijau dan sebagian kecil pinus (Pinus merkusii) hingga dari hutan cemara yang hijau. Sebagian besar hutan dan daerah aliran sungai di sisi barat taman nasional telah terdistorsi; Namun, kondisi murni ditemukan di sisi timur

Selain itu, Doi Khun Tan menawarkan pemandangan bunga liar sepanjang tahun seperti anggrek, dan jahe. Doi Khun Tan secara botani sangat beragam, rumah bagi lebih dari 1.300 spesies vaskular yang berbeda.

Beberapa satwa liar masih ada di Doi Khun Tan, termasuk kelinci Siam, landak, ayam liar, babi hutan dan musang, seperti beragam burung, reptil, laba-laba, dan serangga. Efek dari perburuan, penebangan, kebakaran yang sering terjadi dan perambahan manusia telah sangat mengurangi jumlahnya. Di masa lalu, siamang, harimau, gajah, beruang, kukang, kijang dan banyak spesies lainnya juga merupakan penduduk Doi Khun Tan, tetapi mereka semua telah pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *